ALGORITMA & PROGRAMMING 1 | WEEK 5

Tak terasa sudah sampai minggu ke-5 di jurusan IMT. Setelah ini saya UTS bungg :))

Dalam minggu ke-lima ini kita diajarkan tentang LOOPING atau LOOP. Apasih Loop itu? kartunya Telkomsel? Kuda Looping? sebenarnya Loop itu adalah Lope a.k.a Love :) #ciye

udah ah bercandanya...


Oke mari kita bahas tentang Loop



Loop sendiri jika kita Google Translate dari bahasa Inggris artinya adalah perulangan. Jadi Loop dalam bahasa pemrogaman berarti:



"Suatu proses pemrogaman yang dilaksanakan secara berulang-ulang."

atau bisa disebut looping.
Macam-macam Loop ada 3 yaitu
  • While
  • Do-While
  • For
1.While

While adalah jenis looping yang akan jalan ketika semua kondisi terpenuhi. Jadi saat program dijalankan, program akan melihat kondisi tersebut. Jika benar maka program akan dikerjakan/dijalankan dan hasil dari proses tersebut akan disimpan. Setelah itu program akan melakukan pengulangan/looping dengan cara seperti tadi yaitu, mengecek kondisi terlebih dahulu lalu menjalankan proses.
    
2. Do-While

Do-While adalah jenis looping yang menjalankan proses terlebih dahulu baru mengecek kondisinya. Saat program dijalankan, program akan bekerja/do task terlebih dahulu. Baru setelah itu program akan melihat dan mengecek sesuai kondisi atau tidak. Jika sesuai maka akan diproses menjadi hasil dan hasilnya disimpan. Program akan melakukan pengulangan atau looping lagi dengan cara yang sama.

3. For

For adalah jenis looping yang sama dengan While, tetapi dia mempunyai tambahan yaitu proses increment. Jadi program akan terus melakukan looping sampai batas tertentu. Contohnya seperti 

Kondisi : <=10
maka program akan menghitung per-looping ditambah 1. Jadi program akan berjalan dengan mengecek sesuai kondisi, lalu menjadi hasil. Hasil tersebut disimpan dan nilai increment bertambah 1, jadi n+1. Lalu program akan melakukan pengulangan tersebut sampai kondisi mencapai 11, maka program dengan sendirinya akan berakhir.




Sebenarnya semua jenis Looping mempunyai cara kerja yang sama. Tergantung dari Algoritma atau masalah itu sendiri sehingga programmer dapat lebih mudah untuk memilih jenis looping.


note: akan saya publish contoh soal di post selanjutnya nantikan!


Sekian informasi dari saya, Terima Kasih 😜










Komentar

Postingan populer dari blog ini

ALGORITMA & PROGRAMMING 1 | WEEK 7

ALGORITMA & PROGRAMMING 1 | WEEK 3

ALGORITMA & PROGRAMMING 1 | WEEK 1