ALGORITMA & PROGRAMMING 1 | WEEK 2

Dalam minggu ke 2 ini saya dan teman sekelas diajarkan cara memecahkan masalah atau suatu algoritma. Kami menyelesaikannya dengan cara membuat sebuah flowchart, sehingga dapat dengan mudah memecahkan masalahnya dan membuat program dari algoritma itu. Ya, membuat program itu menggunakan pseudocode dengan bantuan aplikasi NetBeans berbasis Java. Jika anda ingin mempelajari tentang Flowchart dan Pseudocode anda dapat mengunjungi artikel saya minggu kemarin atau sebelumnya 😆
Minggu ke 2 ini kami diajarkan mengenai perbedaan Variabel dan Value. Ini berhubungan dengan proses pemrogaman dikomputer. Yuk mari kita bahas...

Variabel merupakan wadah yang isinya bisa berubah-ubah atau tidak tetap. Dalam variabel terdapat nilai yang disebut Value. Value merupakan isi dari variabel tersebut. Jadi dapat diibaratkan Variabel adalah Ember yang berisi air. Nah air itu adalah Value yang merupakan isi dari Variabel atau wadah tersebut
Tipe Data Primitif di Java

Peraturan yang terdapat dalam variabel
-         Bisa berubah-ubah
-         Nama hanya berisi huruf dan angka (alphanum)
-         Kata pertama adalah huruf (“_” (underscore) termasuk kata)
Bedanya Variabel dan Konstanta adalah:
-         Variabel bisa diubah sedangkan Konstanta mempunyai nilai yang tidak bisa diubah (selama program berjalan)


Contoh soal:     
 With m average monthly sale, x IDR cost for each bakery, and c monthly operation
cost, how many years does Miss Lisa’s store needs to return the 10.000.000 early
financial capital? Make a program in  LisaStore5.java to solve this problem.
Pertama kita buat dulu penyelesaiannya masalahnya menggunakan Flowchart agar
lebih mudah dipahami. Setelah itu baru kita masukkan penyelesaiannya kedalam
pemrogaman memakin Pseudocode

Flowchart
Pseudocode

Sekian info dari saya, terimakasih 😉

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ALGORITMA & PROGRAMMING 1 | WEEK 3

ALGORITMA & PROGRAMMING 1 | WEEK 6

ALGORITMA & PROGRAMMING 1 | WEEK 5