ALGORITMA & PROGRAMMING 1 | WEEK 2
Dalam
minggu ke 2 ini saya dan teman sekelas diajarkan cara memecahkan masalah atau
suatu algoritma. Kami menyelesaikannya dengan cara membuat sebuah flowchart,
sehingga dapat dengan mudah memecahkan masalahnya dan membuat program dari
algoritma itu. Ya, membuat program itu menggunakan pseudocode dengan bantuan
aplikasi NetBeans berbasis Java. Jika anda ingin mempelajari tentang Flowchart
dan Pseudocode anda dapat mengunjungi artikel saya minggu kemarin atau
sebelumnya 😆
Minggu
ke 2 ini kami diajarkan mengenai perbedaan Variabel dan Value. Ini berhubungan
dengan proses pemrogaman dikomputer. Yuk mari kita bahas...
Variabel
merupakan wadah yang isinya bisa berubah-ubah atau tidak tetap. Dalam variabel
terdapat nilai yang disebut Value. Value merupakan isi dari variabel tersebut.
Jadi dapat diibaratkan Variabel adalah Ember yang berisi air. Nah air itu
adalah Value yang merupakan isi dari Variabel atau wadah tersebut
Tipe
Data Primitif di Java
Peraturan
yang terdapat dalam variabel
-
Bisa berubah-ubah
-
Nama hanya berisi
huruf dan angka (alphanum)
-
Kata pertama
adalah huruf (“_” (underscore) termasuk kata)
Bedanya
Variabel dan Konstanta adalah:
-
Variabel bisa
diubah sedangkan Konstanta mempunyai nilai yang tidak bisa diubah (selama
program berjalan)
Contoh
soal:
With m
average monthly sale, x IDR cost for each bakery, and c
monthly operation
cost, how many years does Miss Lisa’s store needs to return
the 10.000.000 early
financial capital? Make a program in LisaStore5.java to solve this problem.
Pertama kita buat dulu penyelesaiannya masalahnya menggunakan Flowchart agar
lebih mudah dipahami. Setelah itu baru kita masukkan penyelesaiannya kedalam
pemrogaman memakin Pseudocode
Flowchart
Pseudocode
Pertama kita buat dulu penyelesaiannya masalahnya menggunakan Flowchart agar
lebih mudah dipahami. Setelah itu baru kita masukkan penyelesaiannya kedalam
pemrogaman memakin Pseudocode
Flowchart
Pseudocode
Komentar
Posting Komentar